Skip to main content

SETATUS GANDA SANTRI

SETATUS GANDA SANTRI

 

Pondok Pesantren Panggung Tulungagung saat ini diasuh oleh Nyai Hj. Asrori Ibrohi. Meskipun beliau sudah berusia lanjut tetapi semangat dalam membina santri-santrinya sungguh luar biasa, selain itu beliau juga dibantu putra dan puntrinya (Gus dan Ning). Dalam mengembangkan eksistensi Pondok Pesantren Panggung Tulungagung, beliau sangat antusias dalam mendampingi para santri putra maupun putri untuk mempersiapkan mental mereka sebelum mereka siap untuk terjun kemasyarakat. Sehingga Keluarga Besar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung berharap kedepannya santri-santri tersebut siap tatkala dibutuhkan masyarakat, ilmunya berguna khusus bagi dirinya sendiri dan umumnya bagi masyarakat.

Pondok Pesantren Panggung Tulungagung memiliki asrama/pondokan untuk santri  putra sebanyak 6 asrama tiap-tiap asrama terdiri dari 4 kamar dan untuk santri putri tidak ada istilah asrama tetapi yang ada kamar yang berjumlah 8 kamar dan satu kamar untuk para pengurus terpisah dengan kamar santri, hal ini untuk memudahkan pemantauan terhadap para santri dari jarak jauh. Semuanya tidak jauh dari tempat tinggal dari keluarga Kyai, hal ini dimaksudkan agar lebih mudah untuk mengadakan pengawasan terhadap santri itu sendiri.

Jumlah santri putra dan putri Pondok Pesantren Panggung Tulungagung  dalam satu tahun selalu mengalami fluktuaktif. Setiap tahunnya Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dihuni kurang lebih 250 orang santri putra dan putri. Pada tahun 2016-2017, santrinya sekitar 211 santri terdiri dari santri putra 121 orang dan santri putri 90 orang. Jumlah ini pengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni jumlah santri sekitar 195 yang terdiri dari 109 santri putra dan 86 santri putri.

Walau tak terlalu banyak jumlahnya tapi Pondok Pesntren Panggung Tulunggagung masih eksis sampai sekarang bila dibandingan dengan pondok-pondok lainnya yang ada diwilayah Kabupaten Tulungagung. Selain dilihat dari awal waktu berdirinya yang cukup lama, hal ini dikarenakan para santri yang ada di Pondok pesantren Panggung Tulungagung ini bersatatus gandan, yakni sebagai santri/siswa pada lembaga pendidikan formal dan non formal yang ada di Kabupaten Tulungagung. Kebanyakan santri Pondok Pesantren Panggung Tulungagung hampir 95 % dari santri yang ada berstatus ganda, yakni sebagai santri/siswa di lembaga pendidikan formal seperti MTs, SMP, MA, SMK dan Mahasiswa yang ada di wilayah Kabupaten Tulungaagung, untuk non formalnya mereka belajar di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dengan jenjang pendidikan Ula, Wusto dan Ulya.

Walaupun Pondok Pesantren Panggung Tulungagung jika diamati dari luar itu berbasis moderen akan tetapi Pondok Pesantren Panggung Tulungagung tetap melesatarikan ajaran salafusholih atau salaf, dimana sistem pengajarannya menggunakan sitem bandongan, sorogakan, pengajian kitab-kitab klasik dan tradisi-tradisi luhur pesantren lainnya. Selain pendidikan non formal santri juga dianjurkan untuk mengikuti pendidikan formal sehingga sistem pengajaran secara salaf tidak sekolot pesantren yang tidak memperbolehkan santrinya untuk sekolah formal.

Ketika santri menjalani status ganda tersebut maka hendaklah seorang santri/siswa bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin dan semaksimal agar ilmu duni/agama dapat seimbang, sehingga capaian akhir dai itu semuada adalah keseimbangan yang berjalan beriringan dengan baik. Kebanyakan para santri yang sedang nyantri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ini berasal dari berbagai kota/kabupaten ketika sudah selesai menimba ilmu di lembaga pendidikan formal, mereka secara otomatis akan boyong (keluar) dari pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan selanjutnya akan melanjutkan keperguruan tinggi bagi santri setingkat SLTA, begitulah seterusnya dan dari sisi jumlah santri putra/putri setiap tahunnya mengalami fluktuatif.

KEGIATAN SANTRI

Sebagai santri tentunya menpunyai kegiatan tersendiri, seperti halnya melaksanakan kegiatan pondok, mengikuti pengajian kitab, masuk kelas madrasah diniyah, melaksanakan piket bersih-bersih atau yang disebut dengan istilah (ro’an), dan jika ada santri yang kurang patuh terhadap peraturan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung akan di kenai  takzir (denda). Adapun takzirnya cukup berfariasi tergantung dari kesalahan santri. Misalnya jika ada santri yang melakukan kesalahan seperti halnya tidak mengikuti kegiatan pondok maka santri akan ditakzir dengan takziran membaca Al-Qur’an 3 juz dengan berdiri, seperti itulah sebagian contoh kecil dari takzir yang harus dijalani santri jika melangar peraturan yang ada.

Kegiatan santri telah diatur secara sistematis oleh pengurus Pondok Pesantren Panggung Tulungagung, muali dari bangun tidur sampai menjelang akan tidur lagi sudah dijadwal dengan baik, sehingga memungkinkan santri dapat mengoptimalkan kegiatan belajar semaksimal mungkin. Dalam pengajaran kitab dalam seminggu dilakukan 6 kali kecuali hari kamis yang di mulai setiap ba’da Magrib sekitar pukul 19:00 s/d 20:00  WIB yang dilaksanakan oleh Madarasah Diniyah Tarbiayatu Ulum (MTU) Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dan untuk ba’da isak juga ada pengajian kitab namun hanya empat hari saja yakni hari senin, rabu, jum’at dan minggu, dimana kegitan tersebut di lakukan dengan sistem bandongan. Adapun kitab-kitab yang di ajarkan sangat berfariasi tergantung dari tingkatan kelas Ula, Wusto dan Ulya. Sedangkan untuk sistem pengajaran sorogan itu dilakukan pada pengajian Al-Qur’an yang dilaksanakan pada pagi hari setelah jamaah subuh.


Comments

Popular posts from this blog

OKTOBER

  OKTOBER   Oktober dalalah bulan mulia Bulan dimana resolusi jihad dikumandangkan Tepat dua puluh dua oktober tahun empat lima Resolusi jihad telah berkobar didada Dua puluh dua hari dimana semangat umat Islam bergelora Seruan resolusi jihad K.H. Hasyim Asy’ari mengema diudara Mengema mengambil alih tanah jajahan Jepang tanah kita Perang Dunia II menyisakan malapetaka Hari ini hari peringatan sejarah seruan jihad nusantara Hari merdeka nusa dan bangsa Hari lahirnya santri nusantara Jayalah bangsa ku jayalah negriku nusantra Merdeka (Sai)   Pagi yang cerah beriring awan putih yang suci mengiringi langkah para santri untuk menuju kemedan perang peringatan resolusi jihad. Dimana tempat itu adalah lapangan upacara. Sungguh indah hari ini terlihat dari raut wajah mereka yang memiliki semangat juang berapi-api tinggi. Mereka antusias dalam memperingati hari bersejarah khususnya bagi kaum santri dan masyarakat pada umumnya. Hari Ini, 22 Oktober 2020, adalah peringatan Hari Santri N

SANG LEGENDA CABANG

  SANG LEGENDA CABANG      Beliau adalah seorang tokoh pegiat literasi sahabat pena kita cabang tulungagung yang sangat getol dalam mengingatkan para pelanggan yang jarang bayar upeti kepada tetua grup. Dimana beliau sangat telaten menabur benih-benih kasih sayang pada sesamanya, setiap hari beliau tak jarang kalo tak mengoda iman.....para pelangan kesayangannya.       Waktu itu ada beberapa pelangan yang kena teguran termaskuk aku..... "aduh aku jadi malu deh.... kenapa kok malu? Karena aku tuh ya kalo di jampi-jampi sama kang thoriqul suka lupa, padahal beliau juga sudah menuliskan resep males berkreasi menulis untuk di tebus di apotek. Tapi apalah daya uang pun hanya sebatas garis lurus yang bertepi, itupun hanya berapa rupiah yang menjelma dalam bait-bait kalimat.       Segala upaya apa pun sudah aku tempuh tapi sayang sungguh di sayangkan, niat untuk menulis pun tak kunjing datang, alasanya entar masih pagi, entar masih siang, entar sore sampek malemnya ehhh.... kok malah sib

DUHAI MALAM

DUHAI MALAM Malam yang sunyi kan selalu datang Datang di ujung kedinginan yang tak pernah lekang Tak lekang akan rasa keputusasaan dalam kesederhanaan dipenghujung Penghujung malam bercerita rindu dalam tarian riang Rindu tarian cahaya batin ilahi robi dalam hening Hening disaat jiwa-jiwa meronta dikala siang Meronta tuk mencari kedamaian yang hening Hening dalam kesetiaan cahaya ilahi robi tuk mencari ketenangan Ketenangan dalam ketulusan melahirkan cinta akan sebuah keikhlasan Keikhlasan akan berjalan dalam urat nadi dunia malam ketenangan Tenang dalam dzikir malam yang mengingatkan  Mengingatkan orang yang rela melepas apa yang ia dapat akan Selamat malam duhai jiwa  jiwa indah dalam ukiran