Skip to main content

ZOOMINAR ZAKAT

ZOOMINAR ZAKAT


Angin segar telah berhembus di permuaan ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimana bangsa ini telah memasuki era kenormalan baru atau yang kita sebut dengan  new normal dalam menghadapi malalah Covid-19. New normal adalah  aktivitas di luar rumah yang akan kembali diperbolehkan oleh pemeritah namun dengan penerapan protokol kesehatan. Mengingat masa pandemik Covid-19 ini menjadi momok yang sangat menakutkan dan menjadi isu global yang membuat repot semua negara-negara di dunia. Hampir semua negara terkonsentrasi untuk menangani wabah ini. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat semua negara menetapkan status darurat covid-19. Saat pandemik Covid-19 yang menjadi kesiagaan inten saat itu, maka presiden Joko Widodo memberikan beberapa kebijakan melalui menteri-menterinya, mulai dari meliburkan sekolah, perguruan tinggi (pembelajaran daring), WFH (work from home) bagi ASN/karyawan perkantoran, dan menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan physichal distancing.

Memasuki era kenormalan atau new normal masa pandemik covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung berikhtiar dan berkomitmen untuk berkeasi dan berinovasi. Dimana kreatifitas dan inovasi ini diharab bisa menjadi sumber pemikiran dalam mengikuti alur new normal. Maka dari itu untuk mengikuti alur new normal BAZNAS Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan ZOOMINAR LITERASI ZAKAT. Dalam kegiatan ini, mungkin terbilang masih dini tapi di kalangan ilmuan atau mahasiswa sudah menjadi hal yang umum. Aplikasi Zoominar hadir untuk berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan meeting atau diskusi secara bersama seperti bertatap muka langsung tanpa harus bertemu secara fisik, Nama aplikasi tersebut adalah Zoom Cloud Meeting.

Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi di manapun dan kapanpun dengan bayak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung. Aplikasi ini untuk videoconference, dengan mudah  dapat di install pada perangkat:

  1. PC (Personal Computer) dengan webcame
  2. Laptop  dengan webcame
  3. Smartphone Android

"Zoom Cloud"  begitulah sebutannya, aplikasi ini sangat cocok sekali untuk melakukan Video Conference, dengan ringanya bandwidth yang digunakan, tidak ada iklan di aplikasi tersebut, serta tidak terlalu banyak memakan resource memory jika dijalankan di Android atau PC. Untuk  melakukan registrasi, cukup memasukan email dihalaman utama website zoom.us, dan nanti  akan mendapatkan email notifikasi Aktifasi Account, dan selanjutnya ikuti langkahnya. Jika menggunakan PC/Laptop, setelah melakukan registrasi account, nanti akan ditunjukan TopUp link download file exe dan silahkan diinstall (support di windows dan linux menggunakan wine). Jika menggunakan Smartphone Android, bisa mengunduhnya di PlayStore dengan keyword "Zoom.Us" Jika ingin melakukan Confrence secara bersama-sama, bisa melakukan invite atau bisa juga dengan menginformasikan "ID Meeting" kepada rekan.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini BAZNAS Kabupaten Tulungagung mengajak seluruh masyarkat Kabupaten Tualungagung pada umumnya dan khususnya mahasiswa binaan BAZNAS Kabupaten Tulungagung untuk selalu berkreatifitas, berkrasi dan berinovasi dalam menuangkan ide maupun gagasan di masa new normal covid-19. Kegiatan ZOOMINAR LITERASI ZAKAT bertujuan untuk mendongkrak kreatifitas mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi melalui tulisan, supaya kelak tulisan tersebut bisa menjadi catatan sejarah bagi mereka jika mereka sudah menyelesaikan program studi kuliyahnya masing-masing.

Dalam zoominar literasi zakat yang bertemakan “Kebangkitan Zakat Melalui Literasi Zakat” ini di isi oleh Drs. K.H. Muhammad Fathurro’uf, M.Pd.I., selaku ketua BAZNAS Kabupaten Tulungagung, pemateri Dr. Ngainun Na’im, M.H.I., ketua LP2M IAIN Tulungagung dan Moderator Tika Nifatul Chusna, M. Pd., Staf pelaksana Bidang Pelaporan dan Keuangan BAZNAS Kabupaten Tulungagung. Pada hari Selasa, 09 Juni 2020, waktu 14 : 00 s/d selesai WIB. Materi Zoominar Literasi Zakat ini banyak di ulas oleh Dr. Ngainun Na’im, M.H.I. mulai dari menulis dengan ruang tak terbatas untuk menuangkan ide dan gagasan kita. Mulai dari sekadar status di sosial media, karya-karya puisi atau cerita pendek, bahkan sampai konten bertema kurang serius atau serius di blog. Tanpa sadar, membaca dan menulis udah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari keseharian kita. Memang kendala yang umum dan yang sering di jumpai penulis pemula, dia mengangap bahwa menulis itu sesuatu hal yang sulit.

Sepertihalnya orang awam yang ingin belajar coding komputer ? Padahal tidak serumit itu, faktanya semua orang sejak kecil sudah diajari cara membaca dan menulis. Bahkan, menurut pakar penulis dunia yang sudah terbiasa menulis bahwa menulis itu sangan mudah semudah orang berbicara. Menulis itu seperti orang berbicara, pada dasarnya semua orang bisa menulis. Yang jadi kendala justru ada dalam diri kita sendiri. Rasa takut yang berlebihan, takut tulisannya jelek, takut dikritik orang, takut naskahnya tidak diterima penerbit, takut bukunya tidak laku dan sebagainya.

Sebelum menulis yang pertama kali harus ditentukan adalah temanya. Jika tema sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah membuat mind maping. Dari mind maping tersebut dapat dirumuskan kerangka tulisannya. Baru setelah itu memulai tulisan yang pertama. Jika mengalami kendala dalam proses perumusan kerangka tulisan, yang dibutuhkan adalah pencarian bahan-bahan. Dalam hal ini, perkembangan informasi dan teknologi yang pesat sangat memudahkan siapa saja untuk mencari bahan di internet.

Supaya nyaman dan mudah dalam menulis, penulis harus melepas terlebih dahulu belenggu yang ada dalam benaknya. Segala ketakutan dan kekhawatiran menganai hasil tulisan harus dibuang jauh. Tulis apa saja yang ada dalam pikiran penulis, tuangkan gagasan lewat kata-kata dan percaya pada apa yang diyakini. Tugas Anda adalah menulis, meski tulisanya masih kacau, tata bahasa seperti besar kecil huruf, tanda baca dan susunanya masih berantakan. Lanjutkan, itu bukan tugas anda sebagai penulis. Tugas penulis adalah menulis. Kalau mengedit tulisan itu namanya editor.

Jadi pembahasan diatas menguraikan bahwa jangan pernah merasa takut yang berlebihan, takut tulisannya jelek, takut dikritik orang, takut naskahnya tidak diterima penerbit, takut bukunya tidak laku dan sebagainya. Awalilah dengan menulis sesuatu yang ringan, menurut selera kalian. Karena menulis itu ibarat koki, dimana koki di awal belajar memasak pasti masakanya rasanya tak seenak masakan yang ada di hotel Victoria begitu juga menulis, menulis itu membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Berkat adanya aplikasi "Zoom Cloud “ ini memudahkan kegiatan zoominar literasi zakat yang bertemakan “Kebangkitan Zakat Melalui Literasi Zakat”. Karena dengan adanya aplikasi ini dapat mempertemukan bayak orang di dalam satu ruang aplikasi, serta mempermuda dan mempersingkat waktu pertemuan. Jadi dengan adanya kegiatan zominar literasi zakat dan aplikasi ini kita dapat lebih terbantu berkomunikasi walaupun jarak jauh, semua penjelasan dan pesan dapat tersampaikan secara langsung tanpa harus bertemu secara fisik.

Tulungagung,  09 Juni 2020

Pukul 19:51 WIB

 


Comments

  1. Mantap kak, merekam, mencatat, mengolah secara kreatif menjadi sebuah tulisan yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Trimakasih untuk masukannya
    Mohon bimbingannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OKTOBER

  OKTOBER   Oktober dalalah bulan mulia Bulan dimana resolusi jihad dikumandangkan Tepat dua puluh dua oktober tahun empat lima Resolusi jihad telah berkobar didada Dua puluh dua hari dimana semangat umat Islam bergelora Seruan resolusi jihad K.H. Hasyim Asy’ari mengema diudara Mengema mengambil alih tanah jajahan Jepang tanah kita Perang Dunia II menyisakan malapetaka Hari ini hari peringatan sejarah seruan jihad nusantara Hari merdeka nusa dan bangsa Hari lahirnya santri nusantara Jayalah bangsa ku jayalah negriku nusantra Merdeka (Sai)   Pagi yang cerah beriring awan putih yang suci mengiringi langkah para santri untuk menuju kemedan perang peringatan resolusi jihad. Dimana tempat itu adalah lapangan upacara. Sungguh indah hari ini terlihat dari raut wajah mereka yang memiliki semangat juang berapi-api tinggi. Mereka antusias dalam memperingati hari bersejarah khususnya bagi kaum santri dan masyarakat pada umumnya. Hari Ini, 22 Oktober 2020, adalah peringatan Hari Santri N

SANG LEGENDA CABANG

  SANG LEGENDA CABANG      Beliau adalah seorang tokoh pegiat literasi sahabat pena kita cabang tulungagung yang sangat getol dalam mengingatkan para pelanggan yang jarang bayar upeti kepada tetua grup. Dimana beliau sangat telaten menabur benih-benih kasih sayang pada sesamanya, setiap hari beliau tak jarang kalo tak mengoda iman.....para pelangan kesayangannya.       Waktu itu ada beberapa pelangan yang kena teguran termaskuk aku..... "aduh aku jadi malu deh.... kenapa kok malu? Karena aku tuh ya kalo di jampi-jampi sama kang thoriqul suka lupa, padahal beliau juga sudah menuliskan resep males berkreasi menulis untuk di tebus di apotek. Tapi apalah daya uang pun hanya sebatas garis lurus yang bertepi, itupun hanya berapa rupiah yang menjelma dalam bait-bait kalimat.       Segala upaya apa pun sudah aku tempuh tapi sayang sungguh di sayangkan, niat untuk menulis pun tak kunjing datang, alasanya entar masih pagi, entar masih siang, entar sore sampek malemnya ehhh.... kok malah sib

DUHAI MALAM

DUHAI MALAM Malam yang sunyi kan selalu datang Datang di ujung kedinginan yang tak pernah lekang Tak lekang akan rasa keputusasaan dalam kesederhanaan dipenghujung Penghujung malam bercerita rindu dalam tarian riang Rindu tarian cahaya batin ilahi robi dalam hening Hening disaat jiwa-jiwa meronta dikala siang Meronta tuk mencari kedamaian yang hening Hening dalam kesetiaan cahaya ilahi robi tuk mencari ketenangan Ketenangan dalam ketulusan melahirkan cinta akan sebuah keikhlasan Keikhlasan akan berjalan dalam urat nadi dunia malam ketenangan Tenang dalam dzikir malam yang mengingatkan  Mengingatkan orang yang rela melepas apa yang ia dapat akan Selamat malam duhai jiwa  jiwa indah dalam ukiran