Skip to main content

MEMAHAMI DARI APA

 MEMAHAMI DARI APA


Kehidupan ini memang rumit dan penuh dengan teka teki yang tak mungkin setiap manusia bisa memahami dari apa yang Allah Swt berikan kepada seluruh umat manusi. Allah Swt telah merahmati dan menghendaki apa yang telah ada didunia ini baik itu hewan, tumbuhan bahkan manusia. Semuanya Allah rahmati tanpa satu pun terkecuali, semuanya mendapatrahmat dari Allah Swt. Seperti halnya pak Suyat ini, beliau adalah seorang  laki-laki yang tangguh nan sabar dalam menjalani kehidupan ini. Kenapa seperti itu ?.... Karena pak Suyat dalam kehidupan hanya seorang diri tanpa ada istri anak yang mendampingi di saat usinya semakin senja. Suyat sendiri memiliki nama lengkap Sugiyat itulah nama aslinya. Tetapi masyarakat setempat sering memangil namannya dengan nama pak Ratu. Menurut penuturan pak RT setempat, dahulu kehidupan pak suyat tidak seperti itu, ia sejak kecil hingga dewasa terkenal dengan ke dermawanannya, kenapa dipangil pak Ratu ?.... karena dikampung sini dahulu belum begitu banyak yang memiliki sepedah seperti sekarang ini, waktu itu hanya pak suyat yang memiliki sepeah ontel dengan merek Ratu, kemana-mana suyat sesalu membawa sepedahnya hingga warga setempat memanggilnya dengan nama bapak ratu.

Suyat adalah seorang kakek yang tinggal di Dusun Duwet RT 004 RW 002 Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Beliau hidup sendiri dirumah yang sederhana, dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu (Gedek). Beliau dahulu tinggal bersama istrinya, namun sang istri telah meningalkan beliau sejak tahun 1980 an (+ hampir 40 tahun). Perpisahan beliau dengan suaminya bukan masalah ekonomi akan tetapi faham dalam memahami agama Islam, itulah yang menjadikan runtuhnya rumah tangga beliau. Karena beliau faham ahlus sunnah wal jamaah, sedangkan istrinya memiliki faham lain yang diluar faham ahlus sunnah wal jamaah. Semenjak rumah tangganya runtuh, beliau mengalami gangguan jiwa. Walaupun mengalami kelainan pada normalnya orang beliau tetap semangat tuk menjalani hidup ini. Dalam memenuhi kebutuhan poko beliau tak pernah mengantungkan hidupnya pada uluranntangan oranglain, akan tetapi beliau selalu berusaha semampunya dalam memenuhi kebutuhannya sehari hari.

Untuk memenuhi kutuhan hidup beliau mencari kayu bakar, namun kayu bakar tersebut didapat bukan dari hutan melainkan dari pemberian tetangganya. Pemberian itu diberikan secara cuma-cuma karena kayunya itu bekas pohon yang di tebang dalam bahasa jawanya (tungak kayu), tungak kayu tersebut sebelum dijual membutuhkan proses yang panjang untuk sampai bisa menjadi uang. Dari hasil penjualan  kayu tersebut beliau tidak mematok dengan harga tinggi akan tetapi masalah harga beliau serahkan kapada konsumen. Karena konsumennya itu ia tetangganya sendiri yang menjadi langananya beliau. Beliau selalu makan seadanya, walaupun hanya satu kali sehari. Terkadang ada tetangga yang mengirimi beliau makanan namun tidak setiap hari. Pemerintah desa setempat pun juga tidak setiap bulanya memberi bantuan kepada beliau, terkadang berupa uang/sembako. Dalam penerimaan bantuan yang berupa uang akan dikelola oleh pak RT selaku pejabat desa yang berwewenang. Untuk kebutuhan Suyat, langsung saya belikan apa yang menjadi kebutuhan pokok suyat seperti beras, mie dan seterusnya. Suyat itu kalau diberi bantuan berupa uang bukan untuk digunakan kebutuhan setiap harinya namun ia berikan orang-orang yang ia rasa baik, tutur pak RT.

Kondisi rumah beliau sangatlah sederhana, satu petak rumah kurang lebih  (+ 4 M2) yang mana dinding rumahnya terbuat dari anyaman bambu (Gedek) dan lantainya masih berupa tanah. Sekat rumah yang hanya menggunakan kain. Kamar mandi kecil dan kurang layak, bagaimana tidak ?... ketika beliau mandi harus mengambil air dari sumur dengan cara menimba, kamar mandinya pun tanpa penutup, tak ada WC tuk buang air besar. Beliau dalam membuang hajat terkadang menumpang WC dirumah tetangga. Pada waktu musim hujan tiba, banyak sekali titik-titik genting yang bocor, sehingga air hujan masuk rumah dan jika hujan tidak kunjung reda maka mengakibatkan genangan air hujan di dalam rumah beliau.

Dari sini yang menurut penulis unik itu bukan soal rumahnya yang reot atau apalah. Keunikan dari pak Suyat/Ratu itu adalah sifat kedermawaannya itu, yang mana beliau memiliki latar belakang keterbelakangan dimana ia hidup tidak normal seperti orang-orang pada umumnya, namun beliau memiliki sifat yang dermawan dalam bersedekah. Beliau memilih hidup sederhana, walau keadaan seperti ini ya perlu disyukuru. Karena semuanya ini pemberian Allah Swt, susah senang  itu kehendak dari Allah Swt, tinggal kita sebagai manusia menyikapi dari hasil yang yata yaitu dohiriahnya. Memang dohirnya beliau kurang normal namun hati nuraninya telah menuntun beliau kepada hal kebaikan.

Kita sebagai orang yang normal semestinya kita prihatin terhadap naksip kita yang sering lupa akan ajaran Nabi Muhammad Saw yang telah mengajarkan berbuat baik terhadap sesama umat manusia. Kita seringnya mengabaikan dari ajaran jeng Nabi Muhammad Saw  dalam hal kebaikan. Kita juga sering tak mau tau dengan keadaan tetangga kita bahkan sering mengejek kehidupan orang pingiran. Kita sering merasa bahwa jerih payah yang kita adapat semuanya seolah-olah hasil kerja keras kita sendiri. Kita sering lupa bahwa semuanya ini hanyalah titipan dari Allah Swt. Walau pun beliau seperti itu penulis salut terhadap hati nurani yang beliau miliki. Semoga apa yang beliau lakukan bisa menjadi cermin kita tuk berbuat baik terhadap sesama umat manusia.

Pon.Pes.Panggung Putra Tulungagung, 08 Agustus 2020

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

OKTOBER

  OKTOBER   Oktober dalalah bulan mulia Bulan dimana resolusi jihad dikumandangkan Tepat dua puluh dua oktober tahun empat lima Resolusi jihad telah berkobar didada Dua puluh dua hari dimana semangat umat Islam bergelora Seruan resolusi jihad K.H. Hasyim Asy’ari mengema diudara Mengema mengambil alih tanah jajahan Jepang tanah kita Perang Dunia II menyisakan malapetaka Hari ini hari peringatan sejarah seruan jihad nusantara Hari merdeka nusa dan bangsa Hari lahirnya santri nusantara Jayalah bangsa ku jayalah negriku nusantra Merdeka (Sai)   Pagi yang cerah beriring awan putih yang suci mengiringi langkah para santri untuk menuju kemedan perang peringatan resolusi jihad. Dimana tempat itu adalah lapangan upacara. Sungguh indah hari ini terlihat dari raut wajah mereka yang memiliki semangat juang berapi-api tinggi. Mereka antusias dalam memperingati hari bersejarah khususnya bagi kaum santri dan masyarakat pada umumnya. Hari Ini, 22 Oktober 2020, adalah peringatan Hari Santri N

SANG LEGENDA CABANG

  SANG LEGENDA CABANG      Beliau adalah seorang tokoh pegiat literasi sahabat pena kita cabang tulungagung yang sangat getol dalam mengingatkan para pelanggan yang jarang bayar upeti kepada tetua grup. Dimana beliau sangat telaten menabur benih-benih kasih sayang pada sesamanya, setiap hari beliau tak jarang kalo tak mengoda iman.....para pelangan kesayangannya.       Waktu itu ada beberapa pelangan yang kena teguran termaskuk aku..... "aduh aku jadi malu deh.... kenapa kok malu? Karena aku tuh ya kalo di jampi-jampi sama kang thoriqul suka lupa, padahal beliau juga sudah menuliskan resep males berkreasi menulis untuk di tebus di apotek. Tapi apalah daya uang pun hanya sebatas garis lurus yang bertepi, itupun hanya berapa rupiah yang menjelma dalam bait-bait kalimat.       Segala upaya apa pun sudah aku tempuh tapi sayang sungguh di sayangkan, niat untuk menulis pun tak kunjing datang, alasanya entar masih pagi, entar masih siang, entar sore sampek malemnya ehhh.... kok malah sib

DUHAI MALAM

DUHAI MALAM Malam yang sunyi kan selalu datang Datang di ujung kedinginan yang tak pernah lekang Tak lekang akan rasa keputusasaan dalam kesederhanaan dipenghujung Penghujung malam bercerita rindu dalam tarian riang Rindu tarian cahaya batin ilahi robi dalam hening Hening disaat jiwa-jiwa meronta dikala siang Meronta tuk mencari kedamaian yang hening Hening dalam kesetiaan cahaya ilahi robi tuk mencari ketenangan Ketenangan dalam ketulusan melahirkan cinta akan sebuah keikhlasan Keikhlasan akan berjalan dalam urat nadi dunia malam ketenangan Tenang dalam dzikir malam yang mengingatkan  Mengingatkan orang yang rela melepas apa yang ia dapat akan Selamat malam duhai jiwa  jiwa indah dalam ukiran